Kamis, 03 Januari 2013

SENYAWA HIDROKARBON GOLONGAN ALKUNA


SENYAWA HIDROKRBON GOLONGAN ALKUNA
Assalamu’alikum WR WB….
            salam sejahtera bagi kita semua khususnya teman-teman dari kelas pendidikan kimia reguler mandiri 2011.pertemuan ketiga kita pada mata kuliah KIMIA ORGANIK 1,yaitu membahas tentang ALKUNA.berikut artikel yang dapat saya bagi mengenai alkena yang saya dapt dari berbagai sumber.
Alkuna adalah suatu hidrokarbon dengan satu ikatan rangkap tiga. Senyawa paling sederhana dari alkuna adalah asetilena dengan rumus bangun CH(CH dan rumus molekul C2H2)Rumus umum untuk senyawa alkuna (CnH2n-2).Alkuna merupakan senyawa hidrokarbon tak jenuh dengan ikatan rangkap tiga. Alkuna merupakan deret senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang dalam tiap molekulnya mengandung satu ikatan rangkap 3 (–C≡C–) diantara dua atom C yang berurutan. Untuk membentuk ikatan rangkap 3 atau 3 ikatan kovalen diperlukan 6 elektron, sehingga tinggal satu elektron pada tiap-tiap atom C tersisa untuk mengikat atom H atau atom C lainnya.
Pemberian nama alkuna menurut sistem IUPAC sama dengan pada alkena. Nama-nama alkuna dianggap sebagai turunan dari alkana. Oleh karena itu, nama alkuna diturunkan dari nama alkana yang sama jumlah atom C-nya dengan mengganti akhiran ana dengan una.
Keisomeran alkuna: Keisomeran mulai terdapat pada butuna yang mempunyai 2 isomer.

PERMASALHANNYA.
Dari artikel diatas,saya menemukan bebrapa keganjalan,yaitu: Keisomeran pada alkuna mulai terdapat pada butuna yang mempunyai 2 isomer yaitu: 1-butuna dan 2-butuna
yang menjadi pertanyaan saya mengapa keisomeran pada alkuna mulai terdapat pada butuna mengapa tidak pada etuna,karena kita tahu bahwa seyawa paling sederhana pada alkuna dimulai dari etuna.kemudian,ada isomer butuna yang lain selain 2 isomer diatas?

3 komentar:

  1. Keisomeran pada alkuna tergolong
    keisomeran kerangka dan posisi
    Pada alkuna tidak terdapat keisomeran geometris.
    Keisomeran mulai terdapat pada butuna yang mempunyai 2 isomer. Contoh :Etuna (C2H2), propena (C3H4) tidak mempunyai isomer karena hanya ada satu struktur Isomer.
    Pada keisomeran kerangka, isomer-isomer mempunyai kerangka atom C yang berbeda. Contohnya, 1-pentuna dan 3-metil-1-butuna
    Pada Keisomern posisi, isomer-isomer mempunyai ikatan C C, tetapi posisinya berbeda. Contohnya:1-pentuna dan 2-pentuna

    BalasHapus
  2. menurut saya,mengapa keisomeran pada alkuna mulai terdapat pada butuna karena pada Etuna (C2H2), propena (C3H4) tidak mempunyai isomeri karena hanya ada satu struktur.

    BalasHapus
  3. Menurut saya keisomeran alkuna terjadi mulai dari butuna karena pada etuna dan propuna hanya terdapat satu struktur, Sedangkan isomer terjadi pada suatu senyawa lebih dari satu struktur. sedangkan jenis isomer pada butana menurut saya tidak ada lagi jenis isomer yang lain.terima kasih..

    BalasHapus