Rabu, 23 Januari 2013

UJIAN SEMESTER KIMIA ORGANIK I


UJIAN SEMESTER KIMIA ORGANIK I
Dosen Pengampu  :Dr.syamsurizal,M.Si
Assalamu’alaikum pak..
berikut jawaban ats pertanyaan bapak yang mampu saya jawab.

Nama    :ABDOEN PADRI M 
NIM      :RRA1C111001
1.      Kapan hidrokarbon dapat terbakar sempurna dan tidak sempurna
Jawab:
Hidrokarbon akan terbakar sempurna jika bereaksi dengan oksigen (kadar oksigennya harus mencukupi untuk setiap molekul hidrokarbon) misalnya untuk pembakaran sempurna hidrokarbon alifatik jenuh(alkana) diperlukan 2 mol oksigen.jadi 1mol gas metana direaksikan dengan 2 mol oksigen dan akan menghasilkan 1 mol karbondoiksida dan 2 mol uap air.
Reaksinya:CH4 + 2O2à CO2 + 2H2O.
Kemudian hidrokarbon akan terbakar tidak sempurna jika oksigen dan hidrokarbon tidak bercampur dengan baik (oksigen dan hidrokarbon tidak bereaksi sebagaimana mestinya.kemudian kadar  oksigennya tidak mencukupi kebutuhan untuk setiap molekul hidrokarbon atau dengan kata lain,reaksinya kekurangan oksigen.
Misalnya pada reaksi pembakaran gas metana.pada reaksi ini mol oksigennya kehilangan setengah.jadi hanya dengan 1 ½ mol oksigen dan akan menghasilkan 2 mol karbon monoksida dan 4 mol air.
Reksinya :
2CH4 + 3O2à2CO + 4H20

Kemudian proses pembakarn ap yang terjadi pada kondisi vakum?
Jawab:menurut saya,pada kondidi vakum akan terjadi pembakaran sempurna.karena pembakarannya menyebar  secara teratur.misalnya didialm ruangan tertutup (vakum) reaksi pembakarannya akan terkontrol karena tidak ada yang dapat keluar.

Kemudian proses pembakaran apa yang terjadi pada suhu 10 derajat.
Menurut saya,kemungkinan akan terjadi pembakaran sempurna atau pembakaran tidak sempurna tergantung dengan kadar oksigennya.apakah kadar oksigennya mencukupi untuk setipa molekul hidrokarbon

3.      Kapan senyawa hidrokarbon dapat diubah menjadi bentuk hidrokarbon lain?
Jawab:
hidrokarbon (senyawa yang terdiri dari atom karbon dan hidrogen) dapat diubah menjadi bentuk hidrokarbon lain jika satu atau lebih atom hidrogennya diganti dengan unsure lain.salah contohnya yaitu hidrokarbon dapat berubah menjadi turunan hirokarbon lainnya (alkil halida) dimana satu atau lebih hidrogennya diganti dengan halogen.

4.      Jelaskan utnuk apa sebenarnya anda perlu memahami tentang stereokimia dan relevansinya apa dengan pengetahuan lain.
Jawab:
Menurut saya,stereo itu berarti ruang-ruang.jadi,stereokimia itu adalah ruang-ruang yang ada dalam senyawa kimia,seperi apa ruang-ruang tersebut,dan bagaimana menggambarkan ruang-ruang terebut.
manfaat dari mempeajari tentnag stereokimia ini adalah agar kita tahu bahwa setiap senyawa kimia itu ada ruang-ruang didalamnya (bentuk)kemudian setiap senyawa kimia itu mempunyai bentuk-bentuk nya masing-masing yang berbeda satu sama lainnya.

Kemudian contoh senyawa kimia yang saya anggap memiliki stereokimia yang unik dan jelaskan segi-segi keunikan tersebut.
Yaitu:
a.       senyawa yang memiliki rumSu molekul C2H6O

          H 
     H  O                           H     H
H-C - C-H                   H-C-O-C-H
     H  H                            H      H

Dalam senyawa ini terdapat 2 atom C.1 atom O dan 6 atom H,perbedaan terletak pada posisi ato oksigen,senyawa pertama atom oksihen berposisi pada atom C primer  -C-O-H. sedangkan molekul kedua atom oksiger terletak pada antara dua atom karbon (-C-O-C)


Itulah pertanyaan yang mampu saya jawab
lebih dan kurangnya saya mohon maaf pak.
terimakasih
wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar